Kamis, 25 April 2013

Hongkong - Macao ( 19 April 2013 - 23 April 2013)

Hari I, 19 April 2013 ( Medan - Kuala Lumpur )
Perjalanan liburan kali ini sudah saya rencanakan sejak bulan Januari 2013 dengan iseng-iseng membuka situs www. airasia.com , ternyata ada tawaran menarik untuk bulan April 2013 , tetapi ngga begitu murah-murah juga yaitu sekitar 4 Juta PP ( Medan-Hongkong) untuk berdua. Tetapi menurut saya sudah cukup murahlah..apalagi untuk pemula seperti saya..sebenarnya saya pengennya rutenya Medan-Macao-Hongkong-Medan..tetapi karena banyak pertimbangan dan berlarut-larut hingga 2 hari kemudian tiket seperti itu sudah mahal..akhirnya diputuskan Medan-Hongkong PP., dengan pertimbangan ke Macaonya harus Pulang pergi satu hari itu juga dengan menggunakan fery. Istri saya maunya pulang perginya melalui hongkong dengan alasan Shopping...(dasar wanita..hahahaha), tetapi its oklah..
Akhirnya setelah browsing selama 1 bulan dengan mencuri waktu antara kerja dan kuliah , akhirnya saya sudah mendapatkan gambaran  dan sudah memesan hotel di hongkong dari medan secara online di www.Hotelcombined.com . Selama kami menikah selama 7 tahun , sudah 2 kali kami melakukan perjalanan berdua dengan istri ( ceritanya honeymoon tertunda ..hehehe) . Yang Pertama Bulan Januari 2013 dengan rute Medan-Kualalumpur-Bali- Singapore-Medan selama lebih kurang 10 hari. Dan ini perjalanan kami kedua .
Jumat  tgl 19 April 2013 pukul 05.00 kami sudah bangun, Mandi, sholat shubuh dan bersiap-siap berangkat     . Pukul 05.30 Taxi blue bird yang kami pesan mengkonfirmasi ulang pesanan Taxi yang saya lakukan pada kamis malam. Sebenarnya mertua yang kebetulan tinggalnya hanya 3 rumah dari kami ( satu komplek ) sudah menawarkan untuk mengantarkan, cuman saya sudah terlanjur pesan Taxi. Tetapi Taxi yang dipesan hingga pukul 06.00 belum muncul juga sedangkan pesawat kami pukul 08.00 pagi sudah harus terbang.. untungnya mertua laki-laki datang ke rumah..dengan cepat saya meminta tolong untuk diantarkan ke airport ( dengan terlebih dahulu membatalkan pesanan taxi  melalui telpon ). Perjalanan Bandara Polonia ditempuh hanya 20 menit karena masih pagi. Dan kami sampai di airport  Polonia pukul 06.20 kemudian ke counter Air Asia yang sudah mulai ramai untuk check in . Saya tidak membeli baggasi untuk berangkat tetapi untuk pulangnya saya membeli 1 bagasi buat istri saya ( karena saya yakin pasti bagasinya lebih dari 7 kg ketika pulang nanti..heheheh ).
Pukul 07.45 penumpang menuju Kulalumpur malaysia di suruh masuk pesawat, dan pukul 08.00 tepat pesawat sudah take off ( salut buat air asia..on time kaleee ). Penerbangan medan- kualalumpur hanya 55 menit..sepertinya pesawat baru aja take off kok tiba-tiba sudah landing lagi..hehehehe
Pukul 10.00 waktu malaysia ( satu jam lebih cepat ) kami sudah sampai di  Airport LCCT Sepang malaysia, dan langsung menuju transfer lounge  tanpa perlu keluar dari imigrasi..pesawat ke Hongkong berangkat pukul 13.20 waktu malaysia, sehingga kami punya waktu sekitar 3 jam menunggu di ruang tunggu. Ruang tunggu sangat dingin sekali..untung saja saya memakai jaket..setelah sarapan pagi dengan menukar uang 150 ribu rupiah saya hanya mendapat 42 ringgit malaysia ( kemahalan ratenya). Memang saya sarankan lebih baik menukar mata uang di indonesia saja..karena lebih murah dibanding tukar diluar negeri..serius ini..Sarapan kali ini lumayan mahal saya rasa dengan 2 menu  dan  2 botol air mineral saya harus bayar sekitar 34 ringgit..(mahal khan..lebih seratus ribu rupiah ). Terbayang kalo sarapan pagi saya biasanya paling mahal 10 rb perak paling mahal dengan menu lontong medan ..hehehhe..tapi sudahlah namanya jalan-jalan..hahahaha
Pukul 13.00 ada pemberitahuan pesawat ke hongkong di delayed 15 menit..pukul 13.30 penumpang dipersilahkan masuk dan pukul 14.00 pesawat terbang ke Hongkong..Pilot pesawat memberitahukan pesawat akan terbang selama 4 jam lamanya. Dan akan tiba estimasi pukul 18.00 waktu hongkong ( tidak ada perbedaan waktu hongkong dengan malaysia).
Dan tepat pukul 17.45 pilot memberitahukan pesawat akan landing di HKIA ( Hongkong Internasional Airport ). Dan tepat pukul 17.55 pesawat landing dengan mulus..alhamdullilah..Welcome to Hongkong..
Airport HKIA ini cukup besar dan mewah cuman masih kalah ama Changi yang lantainya karpet tebal..tapi lumayan besarlah .dari terminal 2 dengan menggunakan bis gratis dari airport menuju terminal 1 untuk urusan bagasi dan imigrasi. Di imigrasi ada saat itu ada pemeriksaan flu burung..mereka menggunakan scan panas tubuh..jadi kalo kita demam maka pasti terdeteksi melalui scanner yang ada. Untungnya tidak ada masalah..dan urusan imigrasi juga lancar. Saat itu di Televisi imigrasi sedang memberitakan tentang ditersangka bom boston sudah diketahui identitasnya dan sedang dicari..setelah mengantri 15 menit akhirnya stempel Hongkong sudah menempel di pasport. Cuman mereka tidak memakai stempel tetapi secarik kertas kecil dengan computerisasi yang di jepret.
                                Bandar Udara Hongkong International AirPort ( HKIA )

Setelah imigrasi selesai saya langsung mencari counter  octopus card seharga 150 HKD  2 buah. Octopus card ini berfungsi untuk digunakan menaiki MTR ( MRT kalo di singapura ), bus dan train. Saya menggunakan octopus ini untuk menggunakan bus A11 menuju central Hongkong. Hotel saya berada di central Hongkong.